Inilah Komentar Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Terkait Pendidikan Indonesia

Diposting pada: 2016-11-19, oleh : Firay Hasi Pratama, Kategori: Informasi Sekolah

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Prof Dr Rokhmin Dahuri menilai sistem pendidikan di Indonesia masih tidak ideal. Sebab banyak lulusan perguruan tinggi menjadi seseorang yang hanya hapal teori, namun tidak diimbangi dengan praktek di lapangan.

"Sistem pendidikan kita, lulusannya terlalu banyak menjadi teoritis, pembicara, politikus dan bukan menjadi pekerja di lapangan. Sistem pendidikan kita terlalu banyak teori. Ketimbang prakteknya jadi domain kognitif lebih banyak, domain motorik kurang," ujarnya.

Menurut Rokhmin, hal ini menyebabkan para lulusan menjadi canggung saat bekerja.Pembelajaran saat ini lebih banyak di kelas ketimbang di praktek lapangan. Terlebih jurusan teknik benar-benar diperbanyak praktek di lapangan, sehingga ketika lulus mereka memiliki kepercayaan diri untuk bekerja di bidangnya.

Selain itu, Rochmin juga menambahkan jurusan Sains, Engineering dan Matematika harus diperkuat. Selama ini lulusan yang bekerja di sektor riil kurang sehingga produktivitas pekerja Indonesia di kawasan ASEAN rendah.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.sman9cirebon.sch.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • Firay Hasi Pratama
    2016-11-30

    Pada dasarnya saya setuju dengan Pak Ex Menteri, tetapi sejujurnya dimanapun bekerja pada saat pertama kali jelas akan selalu ada rasa canggung dan sebenarnya lulusan perguruan tinggi saat ini juga sudah mulai banyak yang menjadi pekerja lapangan.