Sudah Diuji Coba di 1.500 Sekolah, FDS Siap Diterapkan

Diposting pada: 2016-11-18, oleh : Firay Hasi Pratama, Kategori: Kegiatan Siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya sudah menguji coba sistem Full Day School (FDS) ke 1.500 sekolah tingkat SD dan SMP.

"Kita sudah mulaikan dengan pelatihan bagi para guru, kepala sekolah dan komite sekolah pada 1.500 sekolah sebagai percontohan (piloting) implementasi program penguatan pendidikan karakter. Alhamdulillah, sambutan daerah-daerah sangat baik," katanya.

Sistem pendidikan berbasis pendidikan karakter ini akan diterapkan pada jenjang SD sampai SMP. Pendidikan karakter yang dimaksud adalah mengajarkan pada siswa untuk hidup jujur, memiliki tanggung jawab sosial, menghargai perbedaan, serta menumbuhkan sikap nasionalisme.

"Di SD nanti, 70 persen porsi pendidikan akan berbasis pada pembentukan karakter siswa dan selebihnya pendidikan keilmuan (70: 30), sedangkan di SMP 60 persen pendidikan karakter (60: 40)," ungkap Muhadjir.

Muhadjir mengatakan pihaknya sudah membentuk tim untuk mempersiapkan penerapan pendidikan berbasis pembetukan karakter. Untuk materi penguatan karakter, Kemendikbud sudah menyusun pedoman umum, namun selanjutnya sekolah diberi leluasa untuk mengatur karena sekolah dirancang untuk mandiri dalam merumuskan program penguatan karakter sesuai potensi lingkungan dengan mengutamakan kearifan, keunggulan dan kecerdasan lokal.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.sman9cirebon.sch.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • Firay Hasi Pratama
    2016-11-30

    Menurut saya ada pro cons terkait sistem ini, pro nya dapat mengajarkan pada siswa untuk hidup jujur, memiliki tanggung jawab sosial, menghargai perbedaan, serta menumbuhkan sikap nasionalisme. cons nya para siswa tenaganya terlalu diporsir walaupun ada tidur siang tetapi banyak siswa yang akhirnya drop.